Cara Potong Taji Ayam Aduan

Cara Potong Taji Ayam Aduan

Cara Potong Taji Ayam Aduan. Taji/jalu ayam memiliki dua lapisan di bagian luar, yaitu lapisan tulang keras dan di dalam merupakan lapisan lebih lunak.

LuckyS1288 Bandar Sabung Ayam – Pertumbuhan jalu ayam akan berlanjut sampai ayam itu mati, hampir sama dengan kuku manusia, akan terus tumbuh walaupun orang tersebut sudah sangat tua, hal ini juga terjadi pada jalu/taji ayam aduan.

Jalu merupakan elemen penting yang dibutuhkan oleh ayam aduan untuk melancarkan serangan. Peran jalu pada hal ini adalah bahwa dengan efektivitas dan efisiensi jalu yang dimiliki oleh ayam petarung akan meningkatkan kinerja ayam khususnya ayam tipe jalu bukan tipe pukul. Jadi, settingan jalu harus disesuaikan dengan arah pukulan ayam.

Ayam aduan yang sudah cukup umur sulit untuk dikendalikan pertumbuhan jalu/tajinya. Bila terlalu panjang taji dapat menambah berat lawan gandengnya.

Terkadang jalu yang panjang menyebabkan kita kesulitan untuk mencari lawan tanding di arena mengingat resiko yang besar memilih lawan yang memiliki taji panjang. Dengan demikian, taji panjang akan meningkatkan bobot tandingan ayam kita, dan tentu saja menyebabkan lawan kita lebih berhati-hati saat menandingkan dengan ayam kita yang berjalu panjang.

1. Carilah kentang atau ketela rambat sebesar ibu jari kaki. Buat lubang yang pas sesuai besarnya jalu. Setelah itu, kentang/ketela rambat dibakar di tungku. Bila panasnya sudah cukup masukkan jalu ke lubang yang sudah dibuat di kentang/ketela rambat tersebut. Selang 5 menit kentang/ketela rambat dapat dicabut. Langkah selanjutnya, cobalah jalu diputar dengan menggunakan tang secara perlahan, kemudian cabut mata jalu dari kulitnya. Inti jalu hanya memerah dan tidak akan berdarah. Setelah itu, olesi inti jalu tersebut dengan betadyne/obat merah secukupnya untuk mencegah infeksi. Dalam jangka waktu sekitar 2 minggu, inti jalu akan layu, mengecil dan kemudian lepas dengan sendirinya. Jalu yang tersisa seperti jalu ayam yang masih muda.

2. Cara kedua adalah dengan memotong jalu ayam secara langsung. Agar tidak mengeluarkan darah ada cara yang mudah dan praktis untuk dilakukan. Pertama, tentukan dulu panjang jalu yang akan disisakan dan berilah tanda. Langkah selanjutnya, olesi jalu dengan pomade (minyak rambut yang kental dan lengket), alat pemotong (gergaji besi kecil dengan lebar + 1,5 cm) juga diolesi dengan pomade. Jalu diberi alas yang cukup kuat agar tidak goyah pada saat dipotong. Terakhir, mulailah memotong jalu tersebut dengan gergaji besi. Yang harus diperhatikan adalah pada saat menggergaji jalu jangan sampai berhenti sebelum jalu benar-benar putus. Kalau sampai berhenti, darah akan mengalir dari luka akibat gergaji tersebut.

Dari proses tersebut mungkin ayam istirahat sekitar 1,5 bulan untuk kembali ke arena sabung ayam. Dan jalu ayam anda akan menjadi pendek ayam andapun akan menjadi kelihatan muda kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *